Minggu, 21 Agustus 2016

tugas simulasi digital

1.     Contoh pelanggaran etiket disebuah forum.
-Menyela pembicaraan moderator atau orang yang sedang menjelaskan.
-Mengalihkan pembahasan jauh dari materi yang sedang di bahas.
-Menunjuk,Membentak,dan menghina statement oranglain.
-Menggunakan bahasa yang tidak baku.
-Memuat konten yang dilarang seperti (promosi,pornografi,dan Judi).
-Menghilang dan menunjukkan tanda-tanda tidak kembali sebelum Forum ditutup

A.    Komponen Kewarganegaraan digital yang baik:
a.     Etiket digital,keamanan digital,dan hak digital.
b.    Karena penggunanya tidak tau aturan,dan kurangnya pemahaman hak digital atau disengaja untuk mencari sebuah sensasi atau masalah.
c.     Kurangnya kenyamanan dalam penggunaan.
d.    Mengajarakan pengguna teknologi digital untuk bertanggung jawab dalam penggunaan teknologi.
B. alasan mengapa pelanggaran etiket terjadi:
1.tidak berjalannya control dan pengawasan dri masyarakat
2. Kurangnya iman dari individu tersebut.
3. rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai substansi kode etik  pada setiap bidang, karena buruknya pelayanan sosialisasi dari pihak prepesi sendiri
4. belum terbentuknya kultur dan kesadaran dari orang tersebut.
5. tidak adanya kesadaran etis da moralitas dari orang tersebut.
6. kebutuhan individu
7. tidak ada pedoman hidup dari individu tersebut
8. perilaku dan kebiasaan individu yang buruk sehingga menjadi sebuah kebiasaan
9.lingkungan tidak etis mempengaruhi individu tersebut melakukan sebuah pelanggaran.
10. Kurangnya sanksi yang keras atau tegas di Negara kita tentang pelanggaran kode etik

C.akibat yang ditimbulkan oleh pelanggaran etiket:
  1. peringatan.
  2. Pembatasanakses.
  3. dikeluarkan dari forum.

D.  tindakan yang  untuk mencegah terulangnya pelanggaran etiket:
Dengan melaporkan si pelanggar hak, ke yang berwajib , seperti polisi ,sehingga si pelanggar jerah & tak mengulangi perbuatannya lagi .

1 komentar:

  1. kewargaan digital

    Warga digital adalah orang yang sadar akan hal baik dan yang buruk, menunjukan kecerdasan perilaku teknologi, dan bisa membuat pilihan yang tepat saat menggunakan teknologi. Memanfaatkan TI untuk membentuk suatu komunitas, pekerjaan, dan berekreasi.
    Berekreasi adalah:

    Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengoperasikan TI.
    Mengekspresikan sebuah ide/gagasan karakteristik, pribadi, ide maupun tujuan yang tertuang di dunia maya. Tapi, sifat dunia maya yang tidak mempertemukan individu-individu tersebut maka secara tidak langsung mendorong makin menipisnya bahkan hilangnya norma-norma sopan santun, rasa tanggung jawab, dan etika saat berkomunikasi. Untuk mengantisipasi hal itu maka diperlukanlah Kewargaan Digital.
    Kewargaan Digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Atau juga dapat didefinisikan sebagai norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas penggunaan teknologi. Implikasi penggunaan teknologi dunia maya yang baik dan benar:
    · Pemilihan kata yang tepat saat berkomunikasi
    · Tidak menyinggung pihak lain
    · Tidak memberikan informasi rahasia


    || KOMPONEN KEWARGAAN DIGITAL ||

    Ada 9 komponen kewargaan digital, yang dibagi menjadi 3 kategori.


    a. Lingkungan Belajar dan Akademis

    Komponen 1. Akses Digital --> Setiap orang punya hak untuk memakai fasilitas TIK, tapi tidak setiap orang punya kesempatan yang sama untuk mengakses teknologi.

    Komponen 2. Komunikasi Digital --> Setiap warga digital diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan komunikasi-komunikasi tersebut.
    Komponen 3. Literasi Digital --> Proses belajar mengajar mengenai teknologi dan pemanfaatan teknologi.


    b. Lingkungan Sekolah dan Tingkah Laku

    Komponen 4. Hak Digital --> Setiap warga digital mempunyai hak privasi, kebebasan berbicara, dan lain-lain. Setiap warga digital juga punya kewajiban yang harus terpenuhi, membantu pemanfaatan teknologi, mengikuti aturan yang berlaku.

    Komponen 5. Etiket Digital --> Dibuat dengan tujuan menjaga perasaan dan kenyamanan user lainnya.
    Komponen 6. Keamanan Digital --> Warga digital harus hati-hati menjaga informasi dari pihak yang tidak bertanggung jawab.


    c. Kehidupan Anda di Luar Lingkungan Sekolah

    Komponen 7. Hukum Digital --> Mengatur etiket penggunaan teknologi dalam masyarakat.

    Komponen 8. Transaksi Digital --> Dalam jual-beli online, penjual dan pembeli harus menyadari resiko dan keuntungan jual-beli online.
    Komponen 9. Kesehatan Digital --> Dibalik manfaat teknologi digital, ada beberapa hal yang bisa mengancam kesehatan (baik fisik maupun mental). Untuk mencegahnya, kita harus menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan teknologi digital.

    BalasHapus